Bank Sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank Sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Nasabah adalah warga yang tinggal di sekitar daerah lokasi Bank Sampah tersebut.

Sistem Online Manajemen Sampah (Smash) adalah aplikasi terintegrasi untuk manajemen persampahan di seluruh Indonesia. Kami melakukannya dalam 3 tahapan berikut, yaitu :

  1. Menghubungkan Bank Sampah seluruh Indonesia melalui aplikasi dapat diakses secara
  2. Meningkatkan partisipasi masyarakat melalui mySmash, aplikasi yang menghubungkan nasabah dengan Bank Sampah terdekatnya.
  3. Berkolaborasi dengan pemerintah sebagai modul Smart City untuk pengelolaan sampah di daerah melalui aplikasi yang bernama e-Smash.

BankSampah.id adalah aplikasi berbasis web & mobile yang bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional Bank Sampah di seluruh Indonesia. Saat ini sudah ada 700 Bank Sampah (dan terus bertambah) dari 32 Provinsi yang menggunakan aplikasi BankSampah.id. BankSampah.id memiliki fitur berikut:
  • Pengelolaan Bank Sampah secara digital (Internet Banking BankSampah)
  • Integrasi sistem persampahan secara nasional & pemetaan menggunakan Google Maps
  • Didukung aplikasi berbasis web & mobile
  • Penjemputan sampah yang dikelola secara mandiri oleh Bank Sampah
  • Toko online kerajinan sampah
  • Blog edukasi persampahan
BankSampah.id adalah aplikasi berbasis web, yang dapat diakses secara online melalui web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dsb) pada komputer atau laptop Anda. Sedangkan BankSampah.id Mobile adalah aplikasi berbasis Android, yang dapat diunduh pada Google Play Store dengan kata kunci "BankSampah.id Mobile".
Anda dapat mendaftarkan Bank Sampah Anda melalui dua cara, yaitu melalui registrasi di BankSampah.id atau melalui registrasi di aplikasi BankSampah.id Mobile.
Setelah Anda melakukan registrasi, kami akan melakukan verifikasi data Bank Sampah terlebih dahulu. Setelah proses itu selesai, kami akan memberikan pemberitahuan melalui alamat email dan nomor telepon yang Anda masukan pada form registrasi. Pada pemberitahuan tersebut kami juga akan menginformasikan username dan password, yang nantinya dapat digunakan untuk login pada BankSampah.id dan BankSampah.id Mobile.
Setelah berhasil login, Anda dipersilahkan untuk memasukan kategori sampah dan harganya terlebih dahulu, di menu Bank Sampah -> Kategori Sampah. Kategori sampah ini nantinya juga akan digunakan sebagai harga dasar untuk transaksi di BankSampah.id Mobile. Harga per kategori sampah disesuaikan dengan masing - masing kebijakan/ketentuan harga Bank Sampah sesuai dengan perkembangan harga dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengaturan sistem bagi hasil, minimum pengambilan saldo, pengaturan jemput sampah dan detail nasabah yang dapat dilakukan di menu Bank Sampah -> Pengaturan.
Untuk memulihkan password akun BankSampah.id Anda, silahkan akses alamat www.BankSampah.id/v2/forgot. Pada form itu Anda cukup mengisi email yang digunakan pada saat registrasi dan tahap selanjutnya pemulihan password akan dikirimkan ke email Anda.
BankSampah.id memiliki kelebihan dalam sisi tampilan data dan pengolahan informasi. Selain itu, melalui BankSampah.id, jumlah tampilan data yang dapat dikelola lebih banyak dibandingkan BankSampah.id Mobile, mengingat keterbatasan ukuran layar dari smartphone.
BankSampah.id Mobile memiliki kelebihan utama dapat bekerja secara offline, yang memungkinkan Bank Sampah tidak harus terkoneksi pada internet setiap saat. Selain itu, dengan menggunakan BankSampah.id Mobile, petugas teller/pihak Bank Sampah tidak perlu repot - repot membawa laptop atau komputer untuk melakukan transaksi, baik berupa kegiatan penyetoran sampah, maupun pengambilan saldo. Hal ini juga memudahkan Bank Sampah jika ingin melakukan kegiatan penabungan yang bersifat "Jemput Bola". Cukup dengan berbekal BankSampah.id Mobile pada smartphone Anda, Bank Sampah dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.
Transaksi offline adalah transaksi baik berupa kegiatan setoran sampah, tarik saldo, pengelolaan data nasabah, pengelolaan kategori sampah, yang dapat dilakukan melalui aplikasi BankSampah.id Mobile, pada kondisi koneksi internet yang kurang memadai atau tidak terdapat koneksi internet sama sekali.
Transaksi offline dapat dilakukan pada BankSampah.id Mobile dengan cara mengaktifkan pilihan Simpan ke database smartphone pada menu Konfigurasi. Setelah diaktifkan, seluruh transaksi yang dilakukan melalui BankSampah.id Mobile akan ditampung sementara dan dapat dilihat rinciannya pada menu Histori Transaksi. Jika koneksi internet sudah memadai untuk melakukan sinkronisasi, Anda dapat menekan tombol Sync pada menu Histori Transaksi dan data transaksi yang dilakukan secara offline akan otomatis tersinkronisasi dengan server BankSampah.id.
Anda dapat menggunakan aplikasi BankSampah.id Mobile di Laptop/Komputer Anda, dengan menggunakan aplikasi emulator Bluestacks (http://www.bluestacks.com). Silahkan install aplikasi ini terlebih dahulu di Laptop/Komputer Anda, lalu unduh aplikasi BankSampah.id Mobile di Google Play Store pada emulator Bluestacks tersebut.
mySmash adalah aplikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Bank Sampah yang ada di sekitar Anda serta jenis sampah anorganik yang dapat dijual ke Bank Sampah tersebut. Selain itu, mySmash juga memiliki fitur berikut:
  • Jemput Sampah : Fitur ini berguna untuk membuat permintaan penjemputan sampah Anda oleh pihak Bank Sampah.*
  • Toko Online Kerajinan Sampah : Fitur ini merupakan toko online untuk melakukan jual beli barang hasil kerajinan sampah/produk dengan unsur recycle.
  • e-Learning Edukasi Persampahan : Anda ingin belajar lebih banyak mengenai informasi cara penanganan sampah? Kunjungi menu ini dan dapatkan berbagai artikel menarik dari para ahli persampahan.
  • Smash-pay : Anda bisa menggunakan saldo dari penabungan sampah untuk pembayaran online.
  • *Jika Bank Sampah menyediakan layanan penjemputan sampah
BankSampah.id Mobile adalah aplikasi yang ditujukan untuk Bank Sampah. Sedangkan mySmash adalah aplikasi yang ditujukan untuk nasabah dari Bank Sampah.
Smash-Pay adalah uang elektronik yang dikonversi dari saldo tabungan sampah. Smash-Pay dapat digunakan untuk membeli pulsa, membayar tagihan listrik, donasi, transfer antar akun dan berbagai transaksi online lainnya.
e-Smash adalah suatu aplikasi berbasis web berbentuk Dashboard yang bisa digunakan oleh pemerintah lokal untuk memantau pengelolaan persampahan di daerahnya. Pemerintah lokal disini terdiri dari Pemerintah Tingkat I (Provinsi) dan Tingkat II (Kota/Kabupaten). e-Smash saat ini sudah tersedia untuk seluruh Provinsi dan Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan di daerah Anda, silahkan hubungi Kami untuk korespondensi lebih lanjut.
Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Kami di email : info@banksampah.id / telepon : 081222731312 (an. Venita Astri) pada jam kerja.